Rekomendasi 5 Gunung di Maluku Utara untuk Para Pendaki

Rekomendasi 5 Gunung di Maluku Utara untuk Para Pendaki

Ternate Gempa, Warga Khawatir Gunung Gamalama - Nasionalisme.co

Rekomendasi 5 Gunung di Maluku Utara untuk Para Pendaki – Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi di bandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.

Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa di definisikan sebagai gunung. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik sedangkan Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.

Maluku Utara tidak pernah luput dari tujuan traveler yang rindu dengan wisata pantai danisland hopping. Banyaknya pulau kecil, pesisir pantai yang cantik, dan spot menyelam membuat Maluku Utara berpredikat surga dunia. Tapi jangan salah, karena selain wisata bahari, Maluku Utara juga memiliki beberapa wisata gunung yang bisa kamu daki hingga puncaknya.

Yang bikin menarik, jalur pendakian gunung-gunung tersebut tidak bisa di anggap remeh, namun tetap bakal bikin jatuh cinta. Mau tahu gunung apa saja yang di punya provinsi Maluku Utara? Berikut ulasannya.

1. Gunung Gamalama
5 Gunung di Maluku Utara yang Layak Kamu Daki, Jalurnya Gak Main-main!

Memiliki ketinggian 1.715 mdpl, gunung Gamalama menjadi satu-satunya gunung di pulau Ternate dan menempati keseluruhan area pulau tersebut. Walaupun tinggi gunung Gamalama terbilang pendek, tapi pendakian gunung ini di mulai dari titik 0 mdpl, tepatnya dari base camp Moya.

Kondisi jalur menuju puncak kawah Gamalama cukup menantang karena berupa bebatuan dengan serangan bau belerang yang tajam. Pastikan kamu memakai masker atau buff, juga persiapkan trekking pole untuk memudahkan naik dan turun dari puncak Gamalama.

2. Gunung Ibu
5 Gunung di Maluku Utara yang Layak Kamu Daki, Jalurnya Gak Main-main!

Tercatat sebagai gunung api yang masih aktif meletus dengan interval 30 menit sampai 1 jam sekali, jalur pendakian ke gunung Ibu sama sekali tidak menawarkan bonus apa pun, melainkan hanya hutan lebat dengan jalur menanjak gak habis-habis. Mendaki gunung yang berada di kabupaten Halmahera Barat ini harus dengan pemandu lokal, ya.

Sebab mereka akan lebih paham tentang kondisi letusan gunung Ibu sehingga bisa memutuskan apakah pendakian bisa di lanjutkan hingga puncak atau tidak. Meski perjuangan mencapai titik tertinggi gunung Ibu di 1.377 mdpl sangatlah tidak  mudah, namun pemandangan yang kamu saksikan dari atas sana bakalan sukses bikin kamu berdecak kagum saking indahnya.

3. Gunung Gamkonora
5 Gunung di Maluku Utara yang Layak Kamu Daki, Jalurnya Gak Main-main!

Masih di kabupaten Halmahera Barat, masih ada gunung lain yang menantimu, yaitu gunung Gamkonora. Lebatnya hutan akan menemani awal pendakianmu sebelum tiba di batas vegetasi. Setelahnya, jalur berbatu dengan sudut kemiringan mencapai 30-40 derajat bakal menyambutmu hingga tiba di titik tertinggi, 1.635 mdpl. Kecantikan gunung Gamkonora adalah spot sabana sebelum tiba di puncak. Suguhan lanskap laut lepas dan beberapa gunung di kejauhan menjadikan pengalaman mendaki gunung Gamkonora makin berkesan.

4. Gunung Dukono
5 Gunung di Maluku Utara yang Layak Kamu Daki, Jalurnya Gak Main-main!

Selain gunung Ibu, gunung api aktif lainnya di Maluku Utara yang gak kalah keren dan kerap menyemburkan abu vulkanik adalah gunung Dukono. Suara gemuruh dari letusannya bakal menjadi musik alam yang membersamai pendakianmu. Berada di kabupaten Halmahera Utara, ketinggian gunung ini adalah 1.229 mdpl.

Jalur pendakian gunung Dukono terbilang lebih less challenging di banding tiga gunung sebelumnya. Namun, kamu tetap harus waspada. Di beberapa spot jalur pendakian, kamu bakal menjumpai banyak mata air. Hanya saja gak semua air di sumber tersebut dapat di minum karena sudah tercampur dengan belerang.

5. Gunung Kie Matubu
5 Gunung di Maluku Utara yang Layak Kamu Daki, Jalurnya Gak Main-main!

Jika pulau Ternate punya gunung Gamalama, maka pulau Tidore punya gunung Kie Matubu. Gunung yang sering pula di sebut gunung Tidore ini merupakan gunung api tertinggi di Maluku Utara, lho. Gak ayal kalau gunung Kie Matubu selalu menjadi gunung favorit para pendaki.

Namun, siapkan stamina dan mentalmu sebelum menapakkan kaki di gunung ini. Karena jalurnya hampir gak menyuguhkan tanah datar dengan kondisi vertikal, lengkap dengan batu-batu besar di beberapa titik. Meski begitu, setibanya di puncak 1.730 mdpl, pemandangan 360 derajat bisa kamu lihat dengan jelas. Indah banget!

Kecil-kecil cabai rawit. Itulah pengandaian yang paling cocok untuk menggambarkan pendakian gunung-gunung api di Maluku Utara. Tingginya yang jauh lebih pendek daripada gunung-gunung populer di pulau Jawa gak membuatmu mudah untuk mencapai puncaknya.

Jadi, tertarik terbang ke Maluku Utara dan mendaki gunung-gunung di atas gak, nih?