Informasi Tentang Wisata Alaska yang Berlokasi di Kediri

Informasi Tentang Wisata Alaska yang Berlokasi di Kediri

Itinerary Wisata Alam 2 Hari 1 Malam di Kediri Halaman all - Kompas.com

Informasi Tentang Wisata Alaska yang Berlokasi di Kediri – Kota Kediri merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang menurut jumlah penduduk. Kota Kediri memiliki luas wilayah 63,40 km² dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Kediri. Kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer. Penduduk kota ini berjumlah 294.950 jiwa, berdasarkan data registrasi Badan Pusat Statistik kota Kediri 2020. Kediri dikenal merupakan pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia.

Di kota ini juga, pabrik rokok kretek Gudang Garam berdiri dan berkembang. Pada tahun 2010, Kediri di nobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia yaitu Most Recommended City for Investment berdasarkan survei oleh SWA yang di bantu oleh Business Digest, unit bisnis riset grup SWA. Jawa Timur memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata yang menarik untuk di eksplorasi. Salah satunya Kota Kediri yang menjadi salah satu penyumbang banyaknya tempat wisata alam di Jawa Timur. Kediri memiliki tempat wisata berupa pepohonan karet. Namanya Wisata Alam Alaska, tempat wisata ini di penuhi pohon karet rindang dengan aliran sungai tenang di bawahnya.

Uniknya, banyak bangku di letakkan di atas sungai untuk menikmati kuliner. Wisata Alaska Kediri merupakan sebuah tempat wisata dadakan yang memang masih dalam tahap pengembangan. Tempat wisata yang berada di hutan Karet ini memiliki suasana yang masih sejuk alami. Tentu dengan suasana yang seperti inilah banyak wisatawan dari kota-kota padat yang berkunjung untuk merasakan sejuknya udara segar dan pemandangan yang masih alami. Penasaran gimana asyiknya Wisata Alam Alaska di Kediri, Jawa Timur, ini? Simak informasi Wisata Alam Alaska Kediri, meliputi lokasi, rute, harga tiket, dan tipsnya berikut ini, yuk!

1. Rute menuju Wisata Alam Alaska
Wisata Alam Alaska Kediri: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsnya

Jarak Kota Kediri dari Wisata Alam Alaska kurang lebih 20 kilometer. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit untuk sampai ke sana. Rute yang diambil sebenarnya cukup mudah. Dari pusat Kota Kediri, kamu bisa melaju ke Jalan Raya Sumber Jiput, lalu dilanjutkan ke Jalan Ngasinan dan Jalan Kapten Tendean di Blabak. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Ngreco sampai ke Jalan Raya Joho Wates dan Jalan Raya Pagu di Wonorejo. Sesampainya di Wonorejo, ambil Jalan Tempursari menuju Jalan Wates-Plosoklaten di Tunge. Ikuti saja jalan tersebut sampai melalui Tempurejo. Belok ke kanan, maka Wisata Alam Alaskan akan berada di sisi kiri jalan.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket
Wisata Alam Alaska Kediri: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsnya

Lokasi: Tempurejo, Kecamatan Wates, Kediri, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: sukarela

3. Aktivitas seru selama di Wisata Alam Alaska
Wisata Alam Alaska Kediri: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsnya

Wisata Alam ‘Alaska’ kepanjangan dari alas karet. Yap, sesuai namanya, wisata ini dipenuhi pepohonan karet bolu berusia ratusan tahun. Akar-akarnya berukuran besar dan kokoh, sehingga jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berdiri di atas lahan seluas lima hektare membuat tempat wisata ini terlihat makin rimbun. Belum lagi adanya aliran sungai di bawahnya yang menambah kesan sejuk. Bisa jadi penghilang penat, sekaligus sarana mengenalkan flora serta fauna pada anak.

Wisata Alam Alaska Kediri: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsnya

Uniknya lagi, aliran sungai yang tenang itu dipenuhi meja dan kursi untuk wisatawan yang ingin lebih santai menikmati pepohonan karet. Kamu bisa sekalian memesan makanan dan menyantapnya di sana. Seru banget, kan? Ada pula beberapa spot bermain anak-anak, seperti hammock di atas sungai dan penangkaran monyet yang aman. Sungguh sebuah tempat wisata alam yang lengkap, ya.

4. Fasilitas yang sudah di sediakan
Wisata Alam Alaska Kediri: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsnya

Wisata Alam Alaska memang terbilang masih baru, tapi fasilitasnya sudah cukup memadai. Pengunjung yang datang jadi lebih nyaman dan aman saat berlibur di sini. Berikut beberapa fasilitas yang sudah disediakan:

  • lahan parkir
  • gazebo
  • bangku
  • toilet
  • musala
  • tempat makan
  • spot foto
  • penangkaran monyet
5. Tips saat berlibur di Wisata Alam Alaska
Wisata Alam Alaska Kediri: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsnya

Supaya liburanmu di Wisata Alam Alaska makin seru dan jauh dari kata gak nyaman, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Datanglah saat masih pagi hari. Selain lebih sepi, suasananya masih sangat sejuk.
  2. Mengingat medannya cukup sulit, gunakan alas kaki yang nyaman dan empuk.
  3. Untuk berjaga-jaga, bawalah baju ganti. Ditakutkan bajumu basah karena terkena aliran air sungai.
  4. Jaga sikap selama berada di sana, mengingat umur pohon karet yang sudah tua.
  5. Jangan sesekali membuang sampah sembarangan, apalagi sampai di aliran sungai. Bisa bikin aliran tersumbat.

Itu dia informasi wisata tentang Wisata Alam Alaska di Kediri yang bisa jadi panduanmu saat liburan ke sana. Suasana yang sejuk dijamin bikin kamu betah berlama-lama, deh!