Di India Ternyata Ada Sederet Situs Warisan Dunia Lho

Di India Ternyata Ada Sederet Situs Warisan Dunia Lho

Rani ki vav in Patan Gujarat

Di India Ternyata Ada Sederet Situs Warisan Dunia Lho – Situs Warisan Dunia UNESCO adalah sebuah tempat khusus seperti Taman Nasional, Hutan, Pegunungan, Danau, Pulau, Gurun Pasir, Bangunan, Kompleks, Wilayah, Pedesaan dan Kota yang telah di nominasikan untuk program Warisan Dunia internasional yang di kelola UNESCO World Heritage Committee, terdiri dari 21 kelompok (21 state parties) yang di pilih oleh Majelis Umum (General Assembly) dalam kontrak 4 tahun. Sebuah Situs Warisan Dunia merupakan suatu tempat Budaya dan Alam,

Serta benda yang berarti bagi umat manusia dan menjadi sebuah Warisan bagi generasi berikutnya. Program ini bertujuan untuk mengkatalog, menamakan, dan melestarikan tempat-tempat yang sangat penting agar menjadi warisan manusia dunia. Tempat-tempat yang di daftarkan dapat memperoleh dana dari Dana Warisan Dunia di bawah syarat-syarat tertentu. Program ini di ciptakan melalui Pertemuan Mengenai Pemeliharaan Warisan Kebudayaan dan Alamiah Dunia yang di ikuti di oleh Konferensi Umum UNESCO pada 16 November 1972.

Bertetangga dengan Sri Lanka dan Banglades, terdapat salah satu negara eksotis lainnya, yaitu India. Jika kamu tertarik dengan situs bersejarah, maka negara India wajib masuk dalam daftar must visit. Pasalnya, terdapat banyak sekali situs yang di tetapkan sebagai Warisan Dunia di negara ini. Situs tersebut sebagian besar berupa bangunan peninggalan sejarah. Inilah enam situs warisan dunia yang berada di India dan bisa kamu kunjungi saat berada di sana.

1. Rani Ki Vav, Gujarat
6 Situs Warisan Dunia di India yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Rani Ki Vav merupakan situs yang didirikan sebagai peringatan Raja Bhimdev I abad ke-11. Sumur tangga ini dirancang seperti kuil terbalik dengan tujuh tingkat tangga. Situs mempunyai struktur yang berisi pahatan yang sangat mencolok dan sangat detail serta ukiran rumit yang menghiasi setiap dindingnya. Tempat ini merupakan salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di negara bagian Gujarat.

2. Kuil Matahari Konark
6 Situs Warisan Dunia di India yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Kuil Matahari Konark adalah kuil yang dibangun pada tahun 1255 M oleh Raja Narasimhadeva I. Kuil menakjubkan ini berbentuk seperti kereta raksasa, dengan dua belas pasang roda batu yang dihias dengan indah yang ditarik oleh tujuh kuda. Kuil juga dibangun dari bebatuan Khondalite. Banyak turis yang berdatangan setiap tahunnya untuk menyaksikan langsung keindahan dari kuil.

3. Gua Bhimbetka
6 Situs Warisan Dunia di India yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Gua Bhimbetka adalah tempat perlindungan dari Zaman Batu. Tempat ini dianggap sebagai jejak kehidupan manusia paling awal yang tersisa di India. Terdapat beberapa atraksi utama termasuk sejumlah gambar dan lukisan yang ditemukan di struktur ini. Gambar dan lukisan dianggap telah berusia lebih dari 30.000 tahun. Lukisan-lukisan ini dibuat dengan warna nabati dan menampilkan berbagai figur hewan dan manusia.

4. Kelompok Monumen di Mahabalipuram, Tamil Nadu
6 Situs Warisan Dunia di India yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Kelompok Monumen di Mahabalipuram merupakan kompleks candi bersejarah yang dibangun dalam rentang waktu yang dimulai dari abad ke-7 M. Pada saat itu, daerah tersebut berada di bawah kekuasaan raja-raja Pallava setempat. Situs menampilkan beberapa contoh bangunan paling awal yang tersisa dari kuil batu dalam arsitektur Dravida.

5. Kelompok Monumen Khajuraho, Madhya Pradesh
6 Situs Warisan Dunia di India yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Kelompok Monumen Khajuraho merupakan situs yang berasal dari abad ke-11 M. Situs ini terdiri dari kuil-kuil Hindu dan Jain yang berada di Madhya Pradesh. Situs ini terkenal dengan arsitekturnya yang rumit dan karya pahatan yang sangat detail. Dahulu, situs terdiri dari lebih dari 85 candi yang tersebar di 20 kilometer persegi. Namun saat ini hanya terdiri dari 25 candi yang tersebar di enam kilometer persegi.

6. Kelompok Monumen, Hampi
6 Situs Warisan Dunia di India yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Pusat Kekaisaran Vijayanagara abad ke-14, Hampi, pernah menjadi kota era abad pertengahan terbesar kedua di dunia. Sekarang tempat ini menjadi salah satu daftar reruntuhan yang luar biasa di antara tempat-tempat wisata terbesar di India. Situs ini mempunyai luas yang mencapai 4.100 hektar. Situs ini juga mempunyai sisa-sisa lebih dari 1.600 bangunan, termasuk benteng, kompleks kerajaan dan keramat, candi, kuil, bangunan air, dan masih banyak lagi.

Situs Warisan Dunia yang berada di India ini tentu saja layak untuk di kunjungi. Selain menyediakan atraksi yang menarik, situs tersebut juga membuat takjub.