4 Cara Atasi Asma Saat Kambuh

4 Cara Atasi Asma Saat Kambuh dipastikan jangan panik karena penyakit merupakan gangguan yang terjadi pada saluran pernapasan. Asma bisa kambuh kapan saja dan dimana saja yang disebabkan oleh alergi bulu binatang, debu, asap rokok, serta udara dingin. Berikut kita bahas Cara Atasi Asma Saat Kambuh

4 Cara Atasi Asma Saat Kambuh

Atasi Asma Saat Kambuh di Tempat Umum

Serangan asma yang datang secara tiba-tiba bukan hanya membuat panik pengidapnya saja, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Jika kamu menjumpai seseorang yang terkena serangan asma di tempat umum, berikut ini sejumlah pertolongan pertama yang bisa dilakukan:

1.Duduk Tegak

Saat gejala asma muncul secara mendadak, segera hentikan aktivitas dan duduk dengan tegak. Posisi badan yang tegak dapat membuat kamu bernapas dengan lebih lega. Hindari posisi berbaring atau bungkuk, karena dapat membuat saluran napas semakin tersumbat dan memicu munculnya gejala yang semakin parah.

2.Tarik Napas

Langkah awal untuk mengatasi asma yang mendadak muncuk adalah menarik napas dalam dan panjang. Serangan asma akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida yang mengganggu aliran darah menuju otak. Jika dibiarkan, pengidap bisa saja mengalami penurunan kesadaran akibat kurangnya suplai oksigen dalam otak. Menarik napas panjang dapat mendorong keseimbangan oksigen dan karbondioksida dalam otak.

3.Tetap Tenang

Saat kamu mengalami kekambuhan asma, langkah pasti yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Kamu dapat mengatur napas secara perlahan, agar napas tidak terlalu cepat. Usahakan untuk mengendurkan pakaian yang sempit agar laju napas tidak terhambat dan menjadi lebih nyaman. Jika menggunakan ikat pinggang, tidak ada salahnya untuk mengendurkannya sementara hingga pertolongan tiba.

4.Hindari Pemicu

Mengatasi asma dapat dilakukan dengan menghindari pemicunya. Oleh karena itu, pengidap perlu mengetahui bahan atau zat apa saja yang bisa memicu kekambuhan gejala. Beberapa alergen tersebut biasanya adalah debu, asap rokok, atau aroma menyengat dari zat kimia. Jika sudah mengetahui, hindari sejumlah pemicunya, ya.

Jika mengi, batuk, atau sesak napas bertambah parah setelah melakukan beberapa langkah yang telah disarankan, segera bawa pengidap ke rumah sakit terdekat. Jangan anggap sepele, karena gejala asma yang dibiarkan begitu saja dapat berujung pada hilangnya nyawa. Bagi pengidap kondisi ini atau seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma, jangan lupa untuk membawa obat ke mana pun kamu pergi.